Hasil Panen Lobster Air Tawar Mulai Menurun

Hasil Panen Lobster Air Tawar Mulai Menurun

Ali Zaini, pedagang udang lainnya juga mengakui, harga uang mulai bergerak naik seminggu terakhir. Rata­rata kenaikannya mencapai Rp 2 ribu per kg untuk semua size. Kenaikan harga ini dipicu oleh mulai dibukanya kran ekspor ke sejumlah negara konsumen. Seperti ke China, Prancis, Italia, dan Jepang. Yang paling besar volume ekspor ke China. Bahkan Vietnam dan Thailand juga sudah mulai ekspor udang lagi ke China, ujar Ali Zaini kepada media. Selama harga udang jatuh, Ali mengaku tetap berusaha untuk memberikan harga yang terbaik kepada petambak. Caranya, sebelum membeli udang lobster air tawar ia terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan cold storage yang bakal menampungnya untuk menentukan harga.

Baru kemudian ia membeli udang dengan harga yang lebih baik dibandingkan dengan pedagang lainnya. Ya selama harga udang tidak bagus, semampunya saya bantu kawan­kawan petambak untuk mendapatkan harga jual yang terbaik agar tetap untung, tutur Ali. Ali mengaku, sekarang ada persoalan transportasi udang dari Lampung ke Jakarta karena ibukota dalam status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 10 April lalu.

Tapi hal itu berkemungkin an tidak begitu berpengaruh terhadap harga udang di Lampung mengingat udang termasuk komoditas bahan pangan. Justru sekarang, pasca kejatuhan harga udang sebelumnya, panen di Lampung mulai sepi. Sekarang udang di tambak rata-rata baru usia 35-40 hari. Selain itu banyak juga petambak yang menunda tebar benur karena menunggu kondisi lebih baik dan harga udang normal kembali, lanjut Ali. Menurut Ali, menurunnya pasokan juga memicu kenaikan harga jual udang belakangan ini. Bahkan saya memperkirakan harga udang terus naik karena terbatasnya pasokan dari tambak yang panen. Apalagi jika wabah virus corona di negara-negara tujuan ekspor udang Indonesia mulai mereda, ia memprediksi. Ali melihat, ada perubahan pola panen dibandingkan dengan biasanya.

Sebelumnya, panen udang banyak dilakukan petambak menjelang Lebaran supaya karyawan bisa libur saat lebaran. Kalau tahun ini kelihatannya justru panen baru mulai ramai lagi setelah Lebaran karena saat ini udang masih kecil, ungkapnya. Meski harga udang mulai membaik, Ali melihat petambak yang sudah panen juga tidak terburu-buru menebar benur. Persoalannya, karena wabah virus corona yang makin meluas dan kondisi ekonomi yang terus memburuk. Bisa jadi kawan-kawan masih menunggu perkembangan dulu sebelum menebar benur, tambahnya. Cari tau seperti apa proses pembibitan hingga panen lobster air tawar di blog https://pwhm.net/cara-budidaya-lobster-air-tawar-di-kolam-terpal/.