Macam-macam Penginapan yang Ada di Indonesia

Tempat menginap merupakan salah satu fasilitas umum yang tersebar luas di Indonesia. Jika melihat dari kata dasarnya, inap berarti tempat istirahat atau bermalam untuk sementara. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis tempat inap yang bisa digunakan. Kondisi ini tidak lepas dari keadaan Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata.

Macam-Macam Tempat Inap yang Ada di Indonesia

Jika dilihat dari bentuk bangunan dan fasilitasnya, tempat menginap di Indonesia bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Guest House

Guest house adalah jenis tempat bermalam yang sifatnya sangat kekeluargaan. Biasanya ada di daerah pedesaan untuk menampung wisatawan yang mampir ke desa atau kebetulan melintasi desa dan ingin beristirahat. Orang yang menginap di sini biasanya akan tinggal serumah dengan pemilik rumah.

2. Vila

Para traveler tentu tidak asing dengan tempat yang satu ini. Vila biasanya dibangun di daerah wisata pegunungan. Karena udaranya dingin, konstruksi bangunannya menggunakan material yang lebih hangat. Bangunan vila menyerupai rumah mewah yang memiliki banyak kamar dan bisa ditinggali lebih dari 3 orang.

3. Bungalow

Bungalow banyak ditemukan pada daerah pedesaan terpencil yang memiliki pemandangan indah. Bentuknya menyerupai rumah-rumah kecil yang dibangun di sekitar area yang memiliki panorama menarik.

4. Hostel

Hostel terkenal dengan harganya yang terjangkau dibandingkan penginapan lainnya. Ciri khasnya terdapat pada tampilan ruangan yang didesain menyerupai asrama dengan loker sebagai tempat utama penyimpanan barang.

5. Motel

Motel memiliki tampilan dan pelayanan yang mirip dengan hotel. Perbedaannya terletak pada fungsinya yang lebih dimanfaatkan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan dan ingin istirahat bersama kendaraan pribadinya. Tidak heran jika tempat inap ini memiliki area parkir yang lebih luas. Namun penggunaannya biasanya hanya untuk 1 sampai 2 malam saja.

6. Hotel

Hotel adalah jenis tempat menginap yang paling banyak di Indonesia. Berada dalam sebuah bangunan besar yang di dalamnya sudah tersedia beberapa kamar. Biasanya kamar dalam hotel sudah memiliki kamar mandi di dalamnya.

7. Resorts

Resort adalah tempat menginap yang dibangun untuk wisatawan agar bisa menginap di tengah area wisata. Karena letaknya strategis dan berbatasan langsung dengan pemandangan wisata yang indah, maka tarifnya jauh lebih mahal dibandingkan tempat inap lainnya.

Beberapa tempat inap di atas bisa Anda pilih sesuai dengan budget, kebutuhan, dan selera masing-masing. Jika membutuhkan tempat beristirahat saat dalam perjalanan, tentu jenis tempat inap yang murah harus diutamakan demi menghemat budget.