Mengajarkan Tata Cara Sholat Lima Waktu Pada Anak

Kewajiban kita sebagai orang tua yaitu membentuk aqidah anak dengan mengajarkan mereka untuk melakukan ibadah. Salah satunya yaitu mengajarkan rukun islam yang kedua yaitu mendirikan sholat lima waktu. Karena merupakan ibadah utama, maka orang tua harus mengajarkan tata cara sholat lima waktu pada anak sedini mungkin.

Mengajarkan Tata Cara Sholat Lima Waktu Pada Anak

Jika anak-anak sudah terbiasa melakukan sholat, maka akan terasa berat untuk meninggalkannya. Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan merasa memiliki tanggung jawab pada diri sendiri. Sehingga mereka akan melakukan sholat dengan kesadarannya pada waktu masuk waktu sholat. Orang tua cukup mengingatkan saja ketika anak lupa mengerjakan sholat.

Cara Mengajak Anak Menjadikan Sholat Sebagai Kebiasaan Sehari-Sehari

  • Ajarkan sholat pada buah hati sedini mungkin

Semakin dini Anda mengenalkan tata cara sholat pada anak, maka akan semakin mudah Anda menanamkan pentingnya sholat pada mereka. Anda bisa memulai mengajak anak dengan  melakukan sholat berjamaah bersama keluarga. Anda bisa memakaikan mukena atau kopiah dan memberikan sajadah sebagai alas sholat.

Biarkan mereka mengenali sholat  terlebih dahulu. Jika mereka sudah terbiasa, maka anak-anak akan mulai menyukai dan melakukan dengan keinginannya sendiri.

  • Buatkan mushola di rumah

Untuk membuat anak-anak agar disiplin melakukan sholat lima waktu, sebaiknya orang tua menyediakan ruangan khusus sebagai mushola di rumah. Dari situ maka akan tertanam pada anak, bahwa begitu pentingnya sholat sampai harus dibuatkan ruangan khusus.

  • Memberikan contoh untuk melakukan sholat lima waktu

Orang tua harus menjadi contoh bagi anak-anak. Jika orang tua rutin menjalankan sholat lima waktu bersama anak-anak. Secara tidak langsung anak-anak bisa mengikuti gerakan sholat dan hafalan bacaan sholat. Ada kemungkinan besar anak juga akan melakukan hal yang sama yaitu melakukan sholat lima waktu.

  • Memberikan pengertian makna dan pentingnya sholat

Anda harus memberikan pengertian dengan bahasa yang mudah dipahami mengenai pentingnya menjalankan sholat lima waktu. Jelaskan kepada mereka bahwa sholat lima waktu itu begitu penting, sehingga tidak boleh ditinggalkan.

  • Ajarkan rukun sholat beserta tata tertibnya

Setelah anak-anak sudah terbiasa melakukan sholat, maka Anda bisa mulai mengajarkan tata cara sholat lima waktu pada anakĀ  dengan carayang benar beserta bacaannya. Bantu anak-anak untuk menghafal bacaan sholat dengan mengeraskan bacaan ketika Anda sedang melakukan sholat.

Beberapa cara di atas dapat Anda terapkan untuk membuat anak-anak mengenal dan memahami pentingnya menjalankan sholat lima waktu.