Mistis Dengan Tarot Tidak Ada Hubunganya

Merupakan sebuah fakta, masyarakat Indonesia yang hidup dalam tradisi mistis begitu kental nampaknya gemar sekali mengaitkan segala sesuatu dengan dunia kebatinan dan berbau mistis.

Itulah sebabnya, mengapa ramalan tarot dianggap sebagai ilmu mistis karena dapat memprediksi masa depan. Sementara, pembaca kartu tarot dianggapnya seperti dukun supranatural yang lebih banyak membuat kliennya merasa takut ketimbang optimis melihat masa depan.

Semua stigma itulah yang ingin dihapus oleh Ella Mirella, salah satu ahli pembaca tarot profesional dan relationship consultant. Kediaman sekaligus tempat konsultasi Ella yang berlokasi di sebuah daerah elit di kawasan Cakung, Jakarta Timur, sangat jauh dari kesan menyeramkan.

Klien-klien perempuan yang biasa dipanggil Mama Ella itu biasanya menunggu antrian di ruang tamu di lantai satu. Sementara itu ruang praktiknya Mama berada di lantai dua. Apabila suara bel yang seperti permainan piano klasik terdengar dari atas, itu menandakan Mama Ella siap menerima konsultasi klien.

Busana yang dikenakan Mama Ella pun tak kalah mentereng. Mama memilih setelan dress hitam-hitam dengan blazer putih berpotongan modern dan rias wajah yang cantik. Semua yang terlihat di ruang praktek menegaskan tidak ada unsur mistis di ruangan ini.

Tarot Bukan Ilmu Mistis

Mama Ella mulai menceritakan tentang Tarot dan mengapa pandangan mistis itu sangat ingin dia ubah. Menurut mama Ella, Tarot merupakan suatu sistem kartu bergambar yang terdiri atas 78 lembar kartu. Kartu Tarot pada umumnya digunakan untuk ‘memprediksi’ keadaan, situasi, dan jalur hidup seseorang di masa mendatang.

Sangat beragam penjelasan tentang dunia tarot. Satu versi mengatakan kata tarot berasal dari negara Mesir Kuno. Ada yang mengatakan dari negara Arab, ‘Tarekat’. Namun, versi yang dapat diterima oleh masyarakat adalah versi yang menyebut Tarot berasal dari bahasa Italia, Tarrochi.

Banyak orang menganggap tarot merupakan tindakan meramal, namun bagi Ella seorang peramal tarot Indonesia, Tarot merupakan medium ‘pembaca’ situasi serta kondisi saja mengenai seseorang atau suatu keadaan tertentu. Informasi untuk tarot didapatkan dari alam bawah sadar si pembaca tarot dan klien yang konsultasi.

Tarot merupakan medium yang berguna untuk menjembatani pernyataan alam bawah sadar seseorang. Namun, pernyataan alam bawah sadar tersebut masih berupa simbolik yang digambarkan dengan kartu.

Itulah mengapak diperlukan seorang ahli pembaca tarot untuk mengartikan simbol yang terlihat pada kartu tersebut lalu mencari benang merahnya dengan si klien. Jadi tidak tepat jika dunia Tarot berbau mistik, klenik, ada hubunganya dengan jin, iblis, dan mahkluk halus lain. Tarot hanya sebuah kartu yang terbuat dari bahan karton dan tinta cetakan, tidak lebih dari itu, ucap Mama Ella.