Temukan pulau Sumba yang Misterius di Indonesia

Ada pulau yang sebagian besar tidak dikenal di Indonesia Timur menciptakan banyak desas-desus di antara yang tahu: Sumba, Nusa Tenggara Timur. Dibandingkan dengan pulau-pulau Bali dan Lombok yang lebih terkenal di utara, Sumba relatif tidak tersentuh. Ini mempertahankan desa tradisional Sumba, situs pemakaman megalitik kuno dan kekayaan keindahan alam di wilayah 11.000 km2-nya.

Pulau ini telah diidentifikasi sebagai peluang sempurna untuk menunjukkan komitmen Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan dan energi hijau. Pemerintah telah menetapkan target bagi pulau itu untuk menggunakan energi hijau eksklusif pada tahun 2025. Semua ini berarti harga tanah Sumba sedang naik dan investor semakin bersemangat.

Semakin banyak turis dan investor yang menemukan pesona pulau yang tidak ternoda ini dan perkembangannya semakin meningkat. Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat pada dua bidang utama utama untuk pembangunan berkelanjutan dan perbedaan di antara keduanya.

Pulau Sumba Timur vs. Barat

Meskipun Anda akan menemukan pantai-pantai yang menakjubkan dan situs-situs menarik sejarah dan budaya di seluruh pulau, ada perbedaan yang perlu diperhatikan antara kedua area utama. Sisi barat pulau, yang terdiri dari Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya, lebih berkembang dan merupakan rumah bagi resor Nihi Sumba yang sangat sukses. Kabupaten Sumba Timur di sisi timur, walaupun sedikit lebih sulit untuk dijangkau, menawarkan lebih banyak hutan belantara liar dan harga yang lebih rendah secara luas.

Sumba Barat

Sumba Barat adalah sisi pulau yang lebih baik dijelajahi, dengan infrastruktur transportasi yang lebih andal dan lebih banyak pembangunan, meskipun Anda masih akan menemukan pantai-pantai yang masih asli, hutan lindung, dan desa-desa tradisional Sumba.

Ini adalah rumah bagi bandara Tambolaka, salah satu jaringan transportasi utama untuk pulau itu, serta resor Nihi Sumba, yang merupakan model kesuksesan luar biasa, memenangkan ‘Hotel of the Year’ pada 2016 dan 2017, dan tetap dengan kapasitas penuh meskipun harganya mahal, menarik perhatian para selebriti dengan fasilitasnya yang tak tertandingi dan keindahan sekitarnya.

Garis pantai di daerah ini menawarkan hamparan luas pantai pasir putih yang masih alami. Ada keindahan yang dapat ditemukan di pedalaman juga, di mana sawah-sawah menutupi pemandangan pegunungan yang dihiasi dengan tumbuh-tumbuhan bambu dan pohon kelapa.

Sumba Timur

Jika Anda lebih tertarik pada sisi liar dan liar pulau, Anda akan menemukan lebih banyak di sebelah Timur, yang merupakan rumah bagi Bandara Umbu Mehang Kunda dan banyak dari alam liar alami pulau, struktur megalitik dan air terjun yang menakjubkan.

Kabupaten Sumba Timur menawarkan lanskap dramatis sabana kering bergelombang yang memberi jalan ke pantai berpasir putih bersih dan lautan kristal. Untuk pelancong yang lebih berani yang suka dibawa keluar dari zona nyaman mereka, area ini paling baik dijelajahi dengan sepeda motor.

Timur atau Barat, Sumba memiliki potensi besar

Di sisi mana pun dari pulau yang Anda pilih untuk lebih diminati, jelas bahwa Sumba memiliki masa depan yang cerah. Dengan proyek energi hijau, jaringan transportasi yang lebih baik, dan pembangunan yang lebih berkelanjutan di dalam pipa. Pembangunan berkelanjutan dan infrastruktur yang lebih baik akan membantu kedua sisi pulau ini tumbuh dengan mantap di tahun-tahun mendatang.