Trik Cerdas Agar Website Nangkring Di Halaman Pertama Google

Saat membuat sebuah website perlu diketahui bahwa hanya 25% pengguna internet yang melihat hasil pencarian sampai ke halaman dua. Artinya 75% orang hanya membaca hasil pencarian yang muncul di halaman satu saja.

Itulah sebabnya mengapa sebuah website harus muncul di halaman utama jika ingin mendapatkan banyak pengunjung. Dikutip dari Saungwriter.com, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1.       Cek Kecepatan Website

Manusia pengguna internet itu ingin apa-apa serba praktis dan juga cepat ketika sedang melakukan pencarian di internet. Jadi pastikan bahwa website memiliki kecepatan loading yang bagus agar website bisa muncul di halaman pertama google, serta menarik minat para pengunjung.

2.       Membuat Sitemap

Secara sederhananya sitemap ini seperti panduan ketika berada di sebuah website dimana isinya adalah daftar semua halaman yang ada di website. Sitemap ini penting untuk dimiliki karena berfungsi juga agar website bisa terindeks atau terdeteksi sehingga bisa muncul pada pencarian google.

3.       Memasang SSL Certificate

Banyak yang melupakan hal yang satu ini padahal SSL certificate ini dibutuhkan atau berguna untuk mengenkripsi atau membaca kode-kode transfer data yang terjadi di dalam website. Dulunya hanya berguna sebagai keamanan saja, tapi semenjak tahun 2014 ditetapkan penggunaannya sebagai indikator rangking website.

4.       Mengintegrasikan Website Dengan Google Analytics

Bagi yang baru pertama kali membuat website, maka penting untuk menyadari fungsi dari google analytics supaya website bisa muncul di halaman pertama google.

Hal ini berkaitan dengan keyword yang berfungsi sebagai penemu ketika mencari sebuah informasi. Selain itu google analytics pengguna juga bisa melihat dan mengamati traffic website.

5.       Melakukan Riset Keyword

Kata kunci atau keyword menjadi penentu apakah website bisa terbaca di google atau tidak karena kata kunci ini adalah kata-kata yang digunakan seseorang saat ingin mencari sebuah informasi.

Karenanya supaya website bisa muncul di halaman utama google pastikan untuk menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari. Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan riset terhadap keyword terlebih dahulu.

6.       Menggunakan Google Search Console

Selain menggunakan google analytics ada tool lainnya yang juga gratis yang bisa digunakan untuk membantu memahami kinerja performa situs, yakni search console. Hal yang membedakannya dengan analytics adalah informasi yang diberikan serta mengetahui bagaimana performa website.

7.       Mengoptimasi Konten Dengan Keyword

Keyword seperti yang diketahui memegang peranan penting dalam hal  pencarian sebuah website supaya bisa ditemukan, karenanya penting untuk mengoptimasi keyword.

Usahakan untuk menempatkan keyword pada beberapa tempat seperti permalink, meta title, meta description, nama file dan alt text gambar, dan 100 kata pertama dalam konten.

8.       Membuat Konten yang Lengkap

Setelah menemukan keyword apa yang tepat saatnya untuk membuat konten berdasarkan keyword tersebut. Membuat konten ini tidak boleh asal, karena kalau asal tidak akan terindeks oleh google. Buatlah konten sebagai jawaban atas apa yang dicari melalui keyword.

9.       Memperhatikan Intensitas Kata Kunci Utama

Banyak orang yang berpikiran untuk menggunakan banyak kata kunci atau keyword pada isi artikelnya dengan tujuan mudah ditemukan oleh google. Padahal jika begitu dinamakan keyword stuffing dan justru memberikan efek buruk terhadap rangking situs.

10.   Website Dibuat Mobile Friendly

Semua hal diatas tidak akan berfungsi apabila hal ini tidak diterapkan, karena perlu diketahui bahwa hampir semua orang melakukan pencarian menggunakan handphone. Jadi pastikan desain website sudah mobile friendly supaya masyarakat bisa mudah saat mengaksesnya.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa memunculkan website pada halaman pertama google. Dengan begitu, maka bisa dipastikan pengunjung website meningkat dengan tajam.